6 Tips Membeli Mobil Bekas yang Perlu Diperhatikan untuk Pemula

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula

Jika sobat masih pemula dan ingin membeli mobil bekas, mungkin sobat mmebutuhkan tips membeli mobil bekas agar tetap mendapatkan mobil berkualitas dengan apa yang sobat harapkan.

Seperti halnya orang lain, tentu saja membeli mobil menjadi impian sobat. Keadaan keuangan yang tidak mencukupi untuk membeli mobl baru, menjadikan mobil seken (second, bekas) menjadi pilihan yang tidak bisa sobat hindari.

Harga menjadi alasan utama seseorang memilih untuk membeli mobil bekas. Apalagi jika sobat jeli, mobil bekas kulitasnya ada yang tidak terlalu jauh dibandingkan dengan mobil baru. Ditambah lagi jika tabungan sobat sudah cukup untuk membeli mobil bekas justru sobat bisa terhindar dari praktik riba karena mampu membeli mobil bekas dengan uang cash.

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula

Baik lah sobat, ketika sobat sudah memutuskan hendak membeli mobil bekas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhtikan, khususnya jika sobat masih pemula dalam membeli mobil bekas.

1. Cek Komponen Mobil

Tips yang pertama adalah pastikan sobat mengecek dengan seksama seluruh komponen mobil. Tidak hanya bagian luarnya saja, tetapi juga bagian dalamnya apakah masih layak semuanya atau justru perlu banyak yang harus diganti. Mulai dari body atau tampilan luar, pintu mobil, kap, kursi, AC, radio, dan fitur tombol-tombolnya apakah masih berfungsi dengan baik.

Pastikan sobat sudah membekali diri dengan berbagai pengetahuan mengenai komponen mobil sehingga sobat bisa membandingkan mobil bekas tersebut dengan kondisi mobil yang baru. Jika secara umum kualitas komponen masih bagus dan berfungsi maka mobil bekas tersebut bisa menjadi salah satu pilihan nantinya.

2. Cek Kondisi Mesin

Tak cukup hanya mengecek tampilan luar, pastikan sobat juga memeriksa kondisi dan performa mesin. Cek mulai dari suara mesinnya apakah ada yang aneh menurut sobat. Perhatikan juga pada bagian rem masih kondisinya masih bagus serta berfungsi dengan baik.

Jika sobat mengalami kesulitan dalam mengecek kondisi mesin, sobat bisa mengajak teman sobat yang sudah berpengalaman. Misalnya membedakan suara mesin yang sudah pernah terkena banjir, dan sebab-sebab lainnya.

3. Cek Box Transmisi

Pastikan mobil bekas yang akan sobat beli tidak mengalami kebocoran oli dari celah atau lubang box transmisi. Cara melihatnya cukup mudah, sobat lihat saja pada bagian transmisi di area bodi mobil, apakah ada bekas oli yang bocor di area tersebut.

4. Lakukan Test Drive

Jangan segan untuk meminta izin serta mengajak penjual guna melakukan tset drive atau mencoba mobil tersebut. Dengan begitu sobat bisa mengecek bagian setirnya apakah masih normal, dan lihat apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak ketika berjalan dengan kecepatan rendah, serta sobat juga bisa mencoba berbagai manuver sekaligus mengecek kopling serta rem apakah semuanya masih berfungsi dengan baik.

5. Cek Dokumen Kendaraan

Nah sobat, poin ini merupakan bagian yang sangat penting. Pastikan sobat mengecek dengan teliti dan seksama mengenai surat-surat mobil bekas yang hendak sobat beli dibeli. Perhatiakn satu per satau mulai dari STNK, BPKB, KTP pemilik mobuil dan kelengkapan lainnya. Bila perlu fotocopy dahulu dokumen-dokumen tersebut untuk sobat lakukan pengecekan langsung di polda atau kantor samsat terdekat.

Hal ini perlu dilakukan agar mobil bekas yang hendak sobat beli adalah mobil yang sah (resmi), bersih dan aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak sobat inginkan di kemudian hari.

6. Menawar Harga

Bekali diri sobat dengan harga pasaran mobil bekas yang hendak sobat beli. Setelah sobat yakin dengan mobil tersebut, maka sobat bisa melakukan penawaran harga misalnya Rp 5-10 juta di bawah harga harga pasaran.

Jika sobat kurang pandai dalam menawar, maka ada baiknya jika sobat mengajak orang lain yang lebih paham soal harga mobil bekas dan cara menawar yang efektif.

Itulah beberapa tips yang perlu sobat perhatiakn ketika hendak membeli mobil bekas. Semoga saja sobat mendapatkan mobil bekas seperti apa yang sobat dambakan.