4 Peluang Usaha dan Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha dan Ide Bisnis untuk IRT

Kadang-kadang istri sebagai ibu rumah tangga juga dituntut untuk ikut meringankan beban kebutuhan keluarga. Meskipun suami sebagai kepala rumah tangga bertanggung jawab untuk memberi nafkah serta memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Namun seiring dengan semakin bertambahnya biaya hidup dan kebutuhan yang harus dipenuhi, terkadang penghasilan suami saja kurang mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan dan keperluan dalam kehidupan berumah tangga.

Apalagi jika sobat sudah dikaruniai anak-anak yang mulai mengenyam bangku pendidikan, maka otomatis kebutuhan pendidikan akan menjadi sesuatu yang sangat penting dan harus benar-benar diupayakan.

Jika sobat adalah seorang ibu rumah tangga (IRT) yang setiap hari mengelola rumah tangga, mengurusi suami dan anak-anak, mungkin sudah saatnya bagi sobat untuk memikirkan kira-kira apa yang perlu dilakukan agar bisa ikut menghasilkan uang. Sehingga meskipun sobat memiliki peran sebagai IRT, sobat juga bisa membantu suami dalam menambah pemasukan keluarga.

Dengan demikian peranan sobat sebagai IRT juga dapat meringankan beban suami, khususnya dalam pemenuhan akan kebutuhan dan keperluan rumah tangga.

Jika sobat masih bingung mengenai usaha apa yang bisa dilakukan seorang IRT agar bisa menghasilkan uang, maka sobat tidak perlu cemas. Pasalnya kali ini kami akan menghadirkan solusinya untuk sobat semuanya, ide bisnis untuk IRT.

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut ini adalah beberapa ide usaha dan peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh seorang IRT tanpa mengganggu kewajibannya sebagai seorang istri sekaligus ibu dari anak-anak.

1. Jualan Pulsa dan Paket Data

Coba lihat tetangga-tetangga sobat dalam satu kampung. Hampir semua memiliki ponsel. Bahkan ada yang dalam satu rumah memiliki ponsel lebih dari jumlah anggota keluarganya.

Tentu saja ini bisa menjadi pasar bisnis yang berpotensi untuk jualan pulsa dan paket data. Sobat bisa saja bekerja sama dengan konter sehingga sobat tidak membutuhkan modal yang besar.

Selain itu, sobat juga bisa melengkapinya dengan loket pembayaran lainnya seperti pembayaran listrik, internet, tv kabel, BPJS, PDAM dan lainnya.

2. Jualan Frozen Food

Sobat sebagai IRT juga bisa jualan makanan beku (frozen food) untuk mendapatkan penghasilan. Sobat bisa memproduksinya sendiri ataupun menjualkan produk orang lain kemudian mengambil sedikit keuntungan dengan memark-up harganya.

Sobat bisa menawarkan produk makanan beku kepada para tetangga, baik itu door to door, atau bisa juga melalui WA dan sejenisnya.

3. Membuka Les Privat

Jika sobat adalah seorang IRT yang memiliki kelebihan di bidang akademis, maka sobat bisa membuka les privat misalnya untuk anak-anak SD dan SMP yang pelajarannya tidak sesulit SMA.

Agar mudah, biarkan anak-anak yang les menuju rumah sobat dengan cara membuat kelompok kecil. Misalnya kelompok les privat 3-4 orang sekali sesi les. Jangan terlalu banyak menerima peserta les agar kewajiban sobat sebagai seorang IRT tidak keteteran.

4. Menjual Jajanan dan Minuman

Ide usaha selanjutnya yang bisa dilakukan seorang IRT adalah dengan menjual jajanan atau makanan ringan dan juga aneka minuman. Misalnya sobat membuat warung sederhana atau gerobak sederhana di depan rumah. Atau bisa juga dengan meja biasa. Lalu sobat mulai menjajakan aneka makanan ringan dan berbagai minuman seperti es teh atau kopi instan.

Selain bisa untuk mendapatkan uang, dengan menjual jajanan dan minuman maka akan mengurangi anak-anak sobat untuk jajan sembarangan di luar karena ibunya di rumah juga memiliki banyak jajanan dan minuman.

Itulah sobat, beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan oleh seorang IRT agar dapat ikut membantu suami dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga.