7 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Obati Diabetes Hingga PMS

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Sobat sebagai masyarakar Indonesia tentu sudah akrab dengan buah belimbing wuluh yang memiliki rasa khas sangat masam. Belimbing wuluh yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi merupakan buah tropis berasal dari Indonesia dan Malaysia. Tanaman buah yang juga dikenal dengan nama belimbing sayur (belimbing botol, belimbing besi, belimbing asam, dll) ini termasuk dalam genus Averrhoa, famili Oxalidaceae.

Tinggi pohon belimbing wuluh dapat mencapai 5-10 m, dengan buah berbentuk lonjong dan berwarna hijau kekuningan. Dalam setahun, tanaman belimbing wuluh mampu menghasilkan hingga ratusan buah.

Buah belimbing wuluh yang banyak memiliki kandungan air ini akan jatuh ke tanah saat matang. Paska dipanen, buahnya dapat simpan dan bertahan hanya sekitar 5 hari saja.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Meskipun bentuknya kecil dan rasanya sangat asam, belimbing wuluh memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat belimbing wuluh yang mungkin belum sobat ketahui.

1. Mengontrol Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Jika sobat adalah penderita hipertensi, sobat bisa memanfaatkan air rebusan belimbing wuluh untuk mengobatinya. Ambil saja buah belimbing wuluh untuk sobat rebus dengan 3 gelas air hingga setengah airnya menguap. Kemudian minum rebusan tersebut saat suhunya sudah suam-suam kuku. Dengan meminumnya setiap pagi, maka akan dapat mengontrol tekanan darah agar lebih baik.

2. Mengobati Diabetes

Selain dipercaya dapat mengobati diabetes, ternyata buah belimbing wuluh juga dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk mengobati diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah. Sobat bisa membuat jus buah belimbing wuluh menjadi jus dan meminumnya dua kali sehari untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

3. Mengobati Demam dan Flu

Keluhan deman dan flu juga dapat diatasi dengan rebusan buah belimbing wuluh. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada belimbing wuluh dipercaya dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Sebagai Antibiotik dan Analgesik

Selain buahnya yang berkhasiat, ternyata getah dari batang muda dan daun belimbing wuluh juga memiliki manfaat sebagai antibodi dan analgesik yang dapat digunakan untuk meringankan pembengkakan, rematik, mengobati panu, gatal, dan sakit akibat gigitan serangga.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Pecah-pecah Menjadi Mulus dan Kenyal

Caranya dengan menumbuk batang muda dan daun belimbing wuluh yang dicampur dengan 3-4 siung bawang putih hingga halus. Kemudian ramuan tradisional tersebut sobat oleskan langsung ke area kulit yang mengalami sakit atau pembengkakan.

5. Mengobati Alergi

Dengan rutin mengkonsumsi jus buah belimbing wuluh secara teratur, dipercaya dapat meringankan keluhan alergi dan melawan obesitas. Namun ada baiknya jika sobat berkonsultasi dengan dokter tentang masalah ini agar tidak terjadi kesalahan yang dapat memperparah alergi yang sobat alami.

6. Mengobati Wasir

Jus buah belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati peradangan lainnya, termasuk wasir. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan astringent yang dipercaya dapat membantu dalam mengurangi pendarahan di area rektum.

7. Mengobati PMS (Penyakit Menular Seksual)

Di negara tetangga kita Malaysia, buah dan daun belimbung wuluh yang sudah dikeringkan ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati Penyakit Menular Seksual (PMS). Caranya adalah dengan mengeringkan beberapa buah dan daun lalu direbus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa setengah airnya. Kemduain rebusan tersebut dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dari buah belimbing wuluh serta batang dan daunnya untuk kesehatan tubuh manusia.