7 Kesalahan dalam Bisnis Usaha Kecil yang Harus Dihindari

Hindari Kesalahan dalam Bisnis Usaha Kecil

Sukses dalam bisnis merupakan keinginan dari setiap pengusaha, demikian pula bagi yang memiliki usaha kecil. Tentu saja termasuk sobat semuanya yang saat ini memiliki usaha kecil atau hendak membangun bisnis dalam usaha kecil.

Maka untuk menjadi sukses, sobat harus melakukan hal yang benar sambil menghindari kesalahan-kesalahan yang fatal agar kelak tidak menyesal di kemudian hari.

Namun sayangnya banyak pemilik usaha kecil (terutama pemilik bisnis baru) membuat kesalahan-kesalahan yang seharusnya dapat dihindari dengan sedikit ketekunan dan selalu menggali informasi dan pengetahuan. Maka untuk menjadi sukses, sobat harus melakukan hal yang benar sambil menghindari kesalahan-kesalahan yang fatal.

Kesalahan dalam Bisnis Usaha Kecil

Berikut merupakan tujuh kesalahan usaha kecil yang sepatutnya dapat dihindari agar sobat dapat membangun bisnis yang sukses.

1. Tidak Pernah Melakukan Evaluasi dan Analisis

Masalah terbesar yang terjadi pada sebagian besar pengusaha adalah uang, sebab mereka tidak dapat menganalisis kemampuan atau kapasitas dari modal yang mereka miliki. Maka alangkah baiknya jika sobat sering-sering melakukan evaluasi usaha sobat termasuk dari pengadaan, penggunaan dan pengembalian modal usaha kecil sobat. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kemerosotan bisnis dalam usaha sobat.

2. Penetapan Harga yang Keliru

Kesalahan usaha kecil yang sering terjadi adalah pada penetapan harga. Hal yang sering terjadi, ketika pertama kali memulai, pemilik bisnis cenderung menetapkan harga jual yang biasanya lebih murah.

Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan yang Cukup Menjanjikan untuk Digeluti

Biasanya dengan alasan promosi untuk mendapatkan pelanggan hingga ingin memaksimalkan peluang usaha. Hal ini disebabkan banyak pemilik bisnis tidak tahu bagaimana cara menetapkan harga yang efektif. Akan tetapi efek dari hal ini yakni hasil keuntungan yang rendah dan cash flow yang rendah.

Kebiasaan buruk ini dapat membahayakan bagi usaha kecil yang sobat jalani.

3. Melupakan Kewajiban Pajak

Banyak pemilik bisnis atau wajib pajak menunda pembayaran pajak hingga melewati jatuh tempo. Penundaan ini mengakibatkan membayar pajak lebih dari yang dibutuhkan.

Salah satu alasan pemilik usaha gagal dalam strategi pajak mereka –selain tidak memiliki apapun– adalah karena mereka lalai untuk mencari pengetahuan dan nasihat sebelum mereka terlibat dalam aktivitas apapun yang memiliki efek kena pajak.

4. Sangat Berhemat dalam Teknologi

Untuk membeli gadget membutuhkan biaya, akan tetapi dengan adanya teknologi juga dapat mendukung meningkatkan usaha sobat. Pilihlah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan sobat

Lagi pula, hal ini sering lebih mudah bagi suatu usaha kecil untuk mengadopsi dan menggunakan teknologi baru, dibandingkan perusahaan besar yang mungkin menganut sistem warisan dan rumit, teknologi usang.

5. Tidak Paham Cara Merekrut Karyawan yang Tepat

Masalah yang umum dialami pemilik bisnis usaha kecil adalah ketidakmampuan mereka untuk secara efektif mengelola karyawan mereka. Sebab karyawan yang baik dapat menjadi aset perusahaan yang paling berharga.

Simak Juga: Peluang Usaha dan Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Bahkan, dalam sebuah usaha kecil, karyawan sebenarnya dapat meningkatkan atau menghancurkan bisnis.

6. Kehilangan Fokus

Setiap bisnis harus memiliki visi dam misi, dan selalu fokus pada dua hal tesebut. Semakin besar kemungkinan bahwa bisnis akan menyadari tujuannya. Lebih lanjut, visi harus diterjemahkan ke dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Buatlah suatu keputusan bukan bedasarkan emosi melainkan fakta dan analisis yang benar. Sehingga tidak akan ada peluang usaha yang sobat lewatkan begitu saja.

7. Tidak Mengoptimalkan Usaha Kecil dalam Bisnis Online

Kesalahan usaha kecil dalam bisnis online antara lain ketidakjelasan tujuan yang ingin dicapai website sobat. Dimana dalam website tidak mewujudkan strategi untuk mencapai tujuan bisnis sobat.

Ditambah lagi dengan tidak memiliki target matrik usaha untuk mengukur kemajuan sobat, tidak seimbang antara desain dan pesan pemasaran, serta tidak ada rencana pemasaran terpadu.

Itulah sedikit ulasan bisnis mengenai beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari dalam usaha kecil, agar usaha yang sobat bangun dan jalani tidak tersesat dan mengalami kerugian.