4 Gerakan Workout untuk Orang Kurus yang Ingin Lebih Berotot, Kekar dan Atletis

Gerakan Workout Terbaik untuk Orang Kurus yang Ingin Kekar Berotot

Banyak pria yang bermimpi untuk memiliki tubuh kekar dan berotot. Bahkan bagi pria dengan badan kurus sekalipun. Karena badan kekar dan berotot adalah hak bagi setiap pria. Tentunya bagi mereka yang mau berlatih atau workout.

Tubuh berotot tidak akan diperoleh secara serta merta hanya dengan mengandalkan pola hidup dan asupan makanan yang sehat. Namun lebih dari itu, bagi pria dengan tubuh kurus, maka diperlukan beberapa jenis olahraga, latihan fisik atau gerakan workout tertentu agar hasilnya bisa optimal.

Barangkali saja sobat termasuk pria kurus yang ingin memiliki tubuh lebih kekar dan berotot. Maka sobat kami sarankan untuk menyimak secara lengkap artikel di halaman ini.

Gerakan Workout Terbaik untuk Orang Kurus

Berikut ini adalah beberapa jenis latihan untuk membuat badan kurus menjadi lebih kekar dan berotot

1. Push Up

Yang pertama adalah push up. Gerakan latihan berupa ini merupakan salah satu workout paling efektif dan populer. Sobat dapat memanfaatkan gerakan ini guna membentuk dan memperkuat otot dada, lengan serta bahu.

Sobat bisa memulainya dengan posisi tengkurap di lantai dengan tangan sedikit terbuka lebih lebar. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tangan sobat tetap sejajar lurus dengan bahu. Kemudian mulailah sobat mengangkat tubuh menggunakan lengan dan biarkan berat badan sobat ditopang sepenuhnya oleh tangan dan pangkal jari kaki.

Simak Juga: Cara Membentuk Otot dan Membuat Tubuh Lebih Kekar dalam Seminggu

Untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal, tahanlah perut sobat sekencang mungkin untuk beberapa detik. Dalam hal ini pastikan tubuh sobat membentuk garis lurus dari bahu hingga pergelangan kaki. Setelah itu mulai turunkan tubuh sobat sampai dada hampir menyentuh lantai. Jangan lupa untuk memastikan bahwa siku sobat terselip di dekat batang tubuh.

Agar hasilnya lebih cepat terlihat, sobat bisa mengulangi gerakan push up ini hingga 5 set (1 set terdiri dari 15 sampai 20 kali push up). Sobat bisa juga meningkatkan intensitas serta modifikasi gerakan push up setiap minggu sesuai dengan kemampuan yang sobat miliki.

2. Deadlift

Jauh berbeda dengan push up, gerakan deadlift adalah salah satu jensi workout yang melibatkan berbagai otot, mulai dari otot punggung, otot pinggul, hingga kaki. Gerakan yang satu ini merupakan salah satu jenis latihan yang menargetkan untuk memperkuat otot tubuh bagian atas dan bawah.

Hanya saja ketika melakukan deadlift, sobat harus memastikannya dengan cara yang benar agarb sobat tidak mengalami cidera, khususnya cedera bagian punggung.

Pastikan sobat tetap menjaga punggung agar selalu lurus. Sobat yang memiliki tubuh kurus sangat dianjurkan untuk memilih beban yang ringan dulu. Baru menambah bebannya sedikit demi sedikit. Lagi pula sobat tidak akan mendapatkan tubuh kekar secara instan, butuh waktu dan proses yang harus dilewati.

Berikut ini cara melakukan deadlift yang baik dan benar:

  1. Pertama-tama sobat buka kaki selebar pinggul dan berdirilah dengan posisi bahu berada di depan alat.
  2. Pastikan lengan sobat lurus ke bawah dan berada di luar lutut.
  3. Setelah itu, mulai tekuk lutut sobat hingga tulang kering menyentuh palang beban.
  4. Agar hasilnya bagus, sobat angkat beban dengan mendorong tumit sobat dari lantai dan posisi badan tidak terlalu condong ke depan ataupun ke belakang.
  5. Pastikan juga untuk menjaga beban tetap dekat dengan tubuh, dan angkat hingga ke atas paha.
  6. Lalu dorong pinggul ke belakang, dilanjutkan dengan menekuk lutut sobat ketika beban mencapai ketinggian lutut. Kemudian jatuhkan beban ke lantai secara hati-hati.

3. Bench Press

Untuk membentuk otot dan kekuatan tubuh bagian atas, sangat tepat jika sobat memilih jenis workout yang dinamakan bench press. Bahkan jenis latihan ini juga disarankan buat sobat yang berbadan kurus.

Gerakan bench press merupakan sebuah latihan gabungan, pasalnya jenis gerakan ini melibatkan banyak persendian dan kelompok otot utama, mulai dari punggung, dada, hingga lengan. Lebih dari itu, gerakan workout ini juga melibatkan beberapa otot kaki untuk menjaga tubuh sobat tetap terkendali selama melakukan gerakan.

Ada baiknya jika untuk melakukan workout jenis ini, sobat didampingi oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman. Hal ini diperlukan semata-mata untuk menghindari terjadinya risiko cidera.

4. Squats

Salah satu jenis gerakan workout yang mampu melatih dan membentuk hampir setiap otot di tubuh sobat adalah gerakan squats. Cara melakukannya pun cukup mudah dan sederhana.

Pastikan posisi awal tubuh sobat berdiri dan kaki dibuka agar lebar. Selanjutnya, arahkan tangan sobat lurus ke depan, kemudian turun secara perlahan seperti posisi jongkok setengah berdiri.

Untuk hasil terbaik, sobat bisa melakukan gerakan squat ini sebanyak 4 set (1 set terdiri dari 8 kali pengulangan) selama 45 menit, tiga kali dalam seminggu.

Jika keempat gerakan workout di atas sobat lakukan secara benar, rutin dan konsisten, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 2 bulan untuk mendapatkan tubuh kurus menjadi lebih berotot, kekar dan atletis.