Gejala Deman Berdarah Dengue, Penyebab dan Pengobatannya Menurut SehatQ.com

Gejala Deman Berdarah Dengue, Penyebab dan Pengobatannya Menurut SehatQ.com

Saat musim hujan seperti sekarang ini, nyamuk akan lebih leluasa berkembang biak karena terdapat banyak genangan air. Terutama nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang merupakan perantara virus demam berdarah dengue. Menurut website SehatQ.com, Deman Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang sangat berbahaya.

Jika terkena penyakit ini, penderita akan merasa nyeri yang sangat hebat ada beberapa bagian tubuh, tekanan dan jumlah sel darah merah menurun drastis bahkan bisa beresiko terjadi komplikasi dan merusak beberapaorgan dalam hingga berujung kematian. Kebanyakan pasien tidak menyadari dirinya terkena demam berdarah sampai pada masa kritis. Karena biasanya gejala spesifik penyakit DBD ini baru muncul saat memasuki masa kritis.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, ada baiknya mempelajari gejala awal dan lanjutan jika terjangkit penyakit demam berdarah dengue ini.

Gejala Demam Berdarah Dengue

Seperti halnya penyakit infeksi yang lain, DBD juga diawali dengan demam. Ciri utama demam pada DBD adalah demam muncul tiba-tiba tinggi hingga mencapai 39° celcius, kemudian turun drastis. Sehingga siklusnya sering disebut dengan pelana kuda, karena naik dan turun tiba-tiba. Demam ini akan berlangsung selama 2 – 7 hari.

Pada hari ke tujuh demam langsung turun dengan cepat, biasanya disertai beberpa gejala lain dibawah ini:

  • Nyeri pada kepala dan ulu hati, belakang mata, otot dan tulang.
  • Lemas dan menggigil.
  • Muncul ruam kemerahan pada kulit.
  • Sulita menelan makanan dan minuman.
  • Mual dan muntah.

Ketika sudah memasuki masa kritis, yaitu ketika demam sudah hilang, muncul gejala lanjutan berupa:

  • Gusi berdarah.
  • Mimisan.
  • Timbul bintik-bintik merah pada kulit.
  • Muntah darah.
  • Buang air besar berwarna hitam.

Penyebab Demam Berdarah Dengue

Penyebab demam berdarah dengue adalah virus. Sedangkan pembawanya adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Virus ini masuk kedalam tubuh ketika nyamuk menggigit manusia. Yang perlu dikatahui adalah ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti yaitu ukurannya lebih kecil dari nyamuk biasa, tubuhnya berwarna hitam pekat dengan dua garis vertikal putih di punggung dan garis-garis putih horizontal pada kaki.

Nyamuk ini biasanya muncul saat siang hari, menyukai tempat yang gelap dan sejuk serta berkembang biak pada air tergenang yang bersih. Nyamuk ini tidak ditemui berkembang biak pada air kotor ataupun air bergerak seperti sungai.

Pengobatan Demam Berdarah Dengue

Ketika dicurigai demam berdarah, pertolongan pertama yang dapat dilakukan dirumah adalah menurunkan demam dan menambah asupan cairan. Asupan cairan ini bertujuan agar pasien tidak mengalami dehidrasi sehingga jumlah trombosit tidak anjlok dan mengalami syok dengue.

Untuk menambah cairan tubuh sebaiknya minum air putih. Namun jika kesulitan menelan air putih Anda dapat menggantinya dengan jus buah, teh manis, sirop, susu, serta larutan oralit. Apabila sangat sulit untuk menelan dan muncul gejala dehidrasi sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit untuk penggantian cairan tubuh.

Untuk menurunkan demam, dapat menggunakan kompres ataupun paracetamol. Pastikan pasien istriahat dengan cukup. Karena merupakan infksi virus yng harus dilakukan adalah segera memperbaiki imun tubuh agar tidak terjadi infeksi lain yang menyebabkan komplikasi.

Pencegahan Demam Bedarah Dengue

Pencegahan demam berdarah yang harus dilakukan adalah memutus rantai kehidupan nyamuk. Dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan juga menghilangkan semua genangan air. Sedangkan untuk mencegah gigitan nyamuk, pastikan Anda menggunakan pakaian tertutup saat berada di luar rumah, menggunakan lotion anti nyamuk dan menyalakan obat nyamuk di dalam rumah.

Demikianlah penjelasan mengenai penyakit DBD yang bisa juga Anda baca lebih lengkap melalui direktori penyakit di website kesehatan terbaik di Indonesia, SehatQ.com.