Cara Skir Klep Motor Menggunakan Bor Listrik dengan Mudah & Benar

Cara Mudah Skir Klep Motor Menggunakan Bor Listrik

Tips bagaimana cara skur klep motor dengan mudah memakai bor listrik yang benar benar. Seperti yang sobat lexiconavenue.com pahami, bahwa proses pembakaran di dalam sebuah kendaraan merupakan salah satu hal yang paling penting, ruang bakar atau ruang pembakaran merupakan suatu tempat yang mana proses pembakaran pada kendaraan ini berlangsung.

Akan tetapi, dengan lamanya pemakaian pada kendaraan tersebut bisa saja mengalami masalah, seperti halnya kerusakan yang terjadi pada ruang bakar yang menakibatkan kebocoran pada bagian klep atau yang biasa disebut katup.

Baca Juga: Cara Mengatasi Super KIPS Kawasaki Ninja 150cc yang Macet

Permasalahan seperti ini tentunya akan membuat performa atau tenaga mesin kendaraan menjadi ngadat dan bisa saja terjadi mogok. Hal tersebut terjadi karena kompresi di ruang pembakaran mengalami kebocoran yang disebabkan oleh kotoran yang mengganjal di bagian ruang pembakaran, klep aus, klep bengkok dan filter udara mengalami masalah dan lain sebagainya.

Nah, untuk dapat mengatasi masalah seperti itu, sobat bisa melakukan cara skir klep motor pada saat mengganti klep. Apabila klep motor sobat tidak diganti dengan yang baru, skir atau skur klep ini juga mesti dilakukan. Karena, pada saat mesin kendaraan dibongkar kemungkinan ada saja kotoran yang masuk ke dalam lubang intake atau exhause yang dapat menggajal, sehingga menyebabkan kebocoran pada bagian klepnya.

Cara Skir Klep Motor Menggunakan Bor Listrik

Nah, untuk cara skir (skur) klep ini sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan memakai alat (bor listrik) dan juga tanpa memakai alat (manual). Dan untuk lebih jelasnya, mari sobat simak saja uraiannya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang arus sobat lakukan yaitu siapkan terlebih dulu bor listriknya dengan ukuran yang sedang supaya tidak berat pada saat digunakan.
  2. Selanjutnya, silakan pasang mata bor sebesar ukuran gagang klep pada bor listrik tersebut, setelah itu cari selang yang masuk lalu tarik ke batang klep.
  3. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskan Ginding Paste atau Amril pada payung klep di bagian yang menempel ke bagian siting klep cukup banyak.
  4. Jika sobat ingin mengganti klep atau siting klep, silakan gunakan terlebih dulu bagian kasarnya untuk meratakan, kemudian haluskan dengan memakai pasta amril fine.
  5. Setelah itu, silakan beri pelumas di bagian batang klep dan masukan pula klepnya.
  6. Berikutnya, sobat bisa masukan selang pada batang klep, kemudian masukan bor ke selang lalu hidupkan bor supaya bisa memutar klep sambil mengangkat dan menariknya supaya bisa merapatkan klep dan juga siting.
  7. Pada saat melakukan langkah ke 6 tersebut, pastikan posisi bor dan juga klep dalam keadaan lurus.
  8. Setelah klep dan siting sudah mulai rata, sobat bisa melihat goresan halus yang merata pada klep dan juga siting Kemudian hentikan bornya lalu bersihkan klep dan juga sitingnya.

Lihat Juga: Cara Mudah Menguras Tangki Bahan Bakar Motor dengan Benar

Cara Mengecek Kebocoran Klep

Adapun cara untuk mengecek atau memeriksa kebocoran yang terjadi pada klep, bisa sobat simak di bawah ini.

  1. Pastikan keadaan klep, sil klep dan per klep mesti terpasang.
  2. Kemudian arahkan pada posisi lubang Intake maupun Exhause ke arah atas, lalu masukan bensin ke dalam lubang Intake maupun Exhause.
  3. Setelah itu, sobat bisa lihat dan perhatikan apakah payung klep terdapat rembesan bensin atau tidak? Jika payung klep tidak terdapat rembesan bensin, maka klep yang sudah diskur tadi tidak bocor.

Itulah sedikit informasi tentang cara skir klep motor menggunakan bor listrik mudah dari kami. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas tadi bisa berguna untuk sobat serta dapat menginspirasi sobat ketika ingin melakukan skir atau skur klep pada motor kesayangan sobat lexiconavenue.com.