4 Cara Mencegah Kulit Wajah Keriput Akibat Penuaan Dini

Cara Mencegah Kulit Wajah Keriput Karena Penuaan Dini

Proses penuaan dapat terjadi tidak tergantung kondisi usia, hal ini berjalan sesuai dengan berjalannya waktu. Proses penuaan ini akan berdampak terjadinya keriput atau kerutan di kulit wajah. Tentu saja sobat yang cantik tidak ingin hal semacam ini menimpa sobat yang masih muda dan bersinar.

Proses penuaan yang mengakibatkan keriput dan kerutan wajah memang hal alamiah yang tidak dapat dihindari, tetapi kita dapat melakukan beberapa langkah untuk mencegah prosesnya terjadi sedini mungkin agar kulit kita tampak menjadi lebih sehat dan kulit kelihatan bersih nan cantik.

Penyebab Terjadinya Kulit Wajah Keriput

Keriput atau kerutan pada wajah disebabkan oleh disfungsi dan jumlah elastin dan serat kolagen menurun. Hal inilah yang menjaga kekenyalan lapisan kulit paling luar.

Disfungsi dan jumlah berkurang disebabkan beberapa hal dalam kehidupan sehari, terutama bertambahnya usia manuasia, terlalu sering dan lama kena sinar matahari oleh sinar ultra violet, polusi udara, rokok, penggunaan cairan pada kulit wajah dan ekspresi wajah setiap harinya.

Cara Mencegah Kulit Wajah Keriput

Berikut ini adalah beberapa cara dan tips yang bisa sobat lakukan untuk mencegah terjadinya kulit wajah keriput akibat penuaan dini.

1. Asupan Kaya Nutrisi

Mengkonsumsi panganan kaya nutrisi sangat berpengaruh pada proses metabolisme dalam tubuh, imbasnya juga berpengarus pada pada penampilan. Beberapa kandungan mineral yang dibutuhkan untuk proses pencegahan penuaan dini yaitu vitamin, mineral, protein, zat antioksidan (vitamin A, C, E, Selenium, Zinc, Glutation) adalah beberapa zat yang dibutuhkan untuk proses peremajaan jaringan kulit, termasuk juga kolagen dan epidermis.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Pecah-pecah Menjadi Mulus dan Kenyal

Kandungan air pada kulit juga merupakan hal penting karena dapat menjaga kekenyalan kulit dan mencegah kulit kering. Kelembaban kulit dapat dijaga dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya.

2. Waktu Istirahat Cukup (Tidur)

Lama waktu tidur normal yang dibutuhkan oleh manusia untuk beristirahat dari segala aktifitas sehari-hari yaitu 7-8 jam sehari di waktu malam hari. Durasi tidur malam yang tercukupi seperti ini akan membantu memenuhi kinerja paerbaikan sel kulit, apabila dilakukan secara rutin dan terus menerus. Kurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan kurang sehat, dan akan meninggalkan bercak flek dan kerutan.

3. Aktifitas Fisik (Olah Raga)

Menjaga aktifitas fisik dengan menjaga kinerja kerja jantung juga memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan mencegah proses keriput pada kulit. Hal ini deisebabkan karena kinerja jantung yang baik dapat menjaga peredaran darah yang lancar keseluruh bagian tubuh, hasilnya aliran peredaran oksigen pun menjadi merata.

Simak Juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Jaringan lapisan kulit yang kebutuhan oksigennya terpenuhi, maka perbaikan sel jaringan kulitnya pun dapat maksimal, alhasil kulit kelihatana bersih tampak lebih muda.

4. Penggunaan Cream Tabir Surya

Sinar matahari langsung yang berlebih pada kulit menimbulkan efek yang kurang bagus. Efek yang ditimbulkan sinar matahi langsung pada kulit yaitu terjadinya kerusakan pada serat kolagen dan elastin yang mengakibatkan penumpukan sel kulit mati pada bagian permukaaan kulit.

Untuk mencegahnya, dapat menggunakan tabir surya pada kulit wajah dan pada permukaan kulit tubuh yang biasanya terkena matahari langsung.

Demikianlah tips bagaimana cara mencegah terjadinya kulit wajah yang keriput akibat penuaan dini. Semoga bermanfaat ya sobat.