5 Cara Ampuh Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami

Cara Ampuh Mengusir Semut di Rumah dengan Bahan Alami Murah dan Mudah

Sobat perlu mengetahui bagaimana cara ampuh untuk mengusir semut di rumah dengan bahan alami. Pasalnya, bisa saja tiba-tiba muncul kawanan serangga kecil yang bersarang di rumah sobat.

Seperti halnya dengan rayap, kehadiran semut biasanya cukup mengganggu karena mereka datang tidak sendirian, melainkan secara berkoloni atau bergerombol kemudian membuat sarang di dalam rumah. Sebab, semut pasti ada di setiap rumah dan cukup mengganggu.

Gangguan semut tersebut bisa saja dipicu oleh rumah sobat yang kurang terjaga kebersihannya, adanya remahan makanan atau tumpahan minuman berasa manis yang tidak segera dibersihkan. Selain itu juga retakan atau lubang di dinding yang bisa menjadi jalan masuk bagi semut. Semua itu dapat memicu datangnya semut ke rumah sobat.

Biasanya orang-orang menggunakan obat berbahan kimia semacam pestisida untuk membasmi semut. Namun cara tersebut cukup beresiko terhadap kesehatan penghuni dan lingkungan di dalam rumah.

Ada cara yang lebih aman untuk mengusir semut yakni dengan memanfaatkan berbagai bahan alami.

Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat sobat gunakan untuk mengatasi gangguan semut di rumah sobat.

1. Cuka Putih dan Air

Cara alami yang cukup ampuh dalam mengusir semut di rumah, salah satunya adalah menggunakan campuran cuka putih dengan air. Aroma menyengat dari cuka putih memiliki kandungan yang dapat mengganggu feromon semut ketika berkomunikasi.

Untuk membuatnya, sobat hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan air ke dalam botol semprotan dengan perbandingan 1:1. Kemudian semprotkan larutan tersebut ke area yang sering di datangi semut dan sarangnya.

2. Air Perasan Lemon

Cara mengusir semut dengan bahan alami yang kedua adalah dengan memanfaatkan air perasan lemon. Untuk membuatnya, campurkan air perasan lemon dengan air dan masukkan ke dalam botol semprotan dengan perbandingan 1:2.

Selanjutnya sobat semprotkan campuran tadi ke arah yang sering didatangi gerombolan semut. Air lemon ini dipercaya dapat mengganggu sitem komunikasi semut, dan mengusirnya dari daerah tersebut.

Tidak hanya dapat mengusir semut, air lemon juga akan membuat ruangan di rumah sobat menjadi lebih wangi dan segar.

3. Bubuk Kopi

Bubuk kopi ternyata juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir semut di rumah sobat. Baik itu bubuk kopi yang masih segar maupun ampas kopi sisa minuman sobat.

Sobat hanya perlu menaburkan bubuk kopi atau meletakkan ampas kopi di sekitar daerah yang sering dikerumuni semut. Bila perlu, letakkan pula di luar rumah yang sekiranya menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah.

4. Garam

Ternyata garam tidak hanya bisa digunakan untuk memasak dan keperluan dapur lainnya. Butiran lembut berasa asin ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir semut.

Pasalnya, garam merupakan bahan yang tidak disukai oleh semut. Sobat tinggal menaburkannya ke area yang sering didatangi semut, lubang dan retakan dinding, serta sarang semut dengan cara membuat semacam garis batas dengan menggunakan garam.

5. Tepung Maizena

Tepung jagung (maizena) juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Tepung ini memiliki rasa yang agak manis sehingga akan memancing semut untuk memakannya. Namun setelah dimakan, tepung jagung akan mengembang di dalam perut semut sehingga akan membuatnya merasa tidak nyaman dna pergi.

Untuk menggunakannya, sobat hanya perlu menaburkannya ke area yang sering dikerumuni oleh semut, atau tempat di mana semut-semut itu suka berkeliaran.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tips bagaimana cara mengusir semut dari rumah sobat dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang murah dan mudah didapatkan.